Minggu, 13 Februari 2011

Karanganyar - Tempat Wisata Alam

Kabupaten Karanganyar salah satu daerah Obyek Wisata yang banyak tujuan wisata di Jawa Tengah memiliki pesona alam pegunungan yang beriklim sejuk berjarak 15 km dari Kota Budaya Surakarta, mudah dijangkau dengan berbagai macam kendaraan. Identitas daerah "INTANPARI" ( Industri - Pertanian - Pariwisata ) merupakan potensi Kabupaten Karanganyar yang mendapatkan prioritas untuk dikembangkan Hal didukung dengan Semboyan KARANGANYAR TENTERAM (Tenang, Teduh, Rapi, Aman dan Makmur). Kabupaten Karanganyar juga telah meraih penghargaan dibidang kebersihan kota, hal ini ditandai dengan telah diperolehnya ADIPURA sejak tahun 1994. Berbagai potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Karanganyar, baik obyek wisata maupun Industri Pariwisata cukup memadai.

Obyek Wisata yang ada di Kabupaten Karanganyar antara lain :

1.Obyek Wisata Alam : Hutan Wisata Grojogan Sewu, Wana Wisata Gunung Bromo, Bumi Perkemahan (Buper) Sekipan dan Camping Lawu Resort, Pemandian Air Hangat (PAH) Cumpleng dan Pablengan

2.Obyek Wisata Budaya : Candi Sukuh dan Ceto, Situs Palanggatan dan Menggung, Makam Raja-raja Mangadeg dan Girilayu, dll

3.Obyek Wisata Buatan : Tarnan Ria Balekambang, Waduk Lalung dan Delingan, dan lain-lainnya

Industri Pariwisata sebagai pendukung kepariwisataan Kabupaten Karanganyar, antara lain :
1.Adanya berbagai Hotel dan Restoran : Hotel Bintang, Hotel Melati, Restoran/Rumah Makan
2.Biro Perjalanan Wisata / Umum,
3.Kerajinan Cinderamata dan
4.Berbagai jenis atraksi Wisata dan Kesenian : Seni Musik Bambu "Tek-tek", Reog, Seni Karawitan, Tari, Wayang Orang / Kulit dan Campursari. 

Hutan Wisata Grojogan Sewu
Objek Wisata yang banyak dikunjungi wisatawan Nusantara, dan Mancanegara, dapat dijangkau dengan berbagai kendaraan. Jarak 27 km ke arah timur Kota Karanganyar. Terletak pada ketinggian 1100 m diatas permukaan air laut di Kecamatan Tawangmangu. Kawasan hutan yang banyak ditumbuhi berbagai jenis pohon hutan dan dihuni oleh sekelompok kera jinak. Spesifikasi Hutan Wisata ini adalah adanya Air Terjun setinggi 81 meter dikenal dengan nama Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu. Perpaduan serasi antara Hutan dan Air Terjun merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Obyek wisata ini berkali-kali menjadi Obyek Wisata Teladan Tingkat Propinsi Jawa Tengah.

Fasilitas Pendukung Taman Binatang Hutan, Kolam Renang, Shelter, Warung Makan, Kios Buah-buahan dan Cinderamata, Mushola dan MCK

Candi Sukuh dan Candi Ceto
Candi Sukuh
Candi Sukuh jarak berada 20 km ke arah timur Kota Karanganyar. Satu - satunya candi yang erotik dan Unik di Indonesia, hampir menyamai candi yang ada di Guatemala (AS), berbentuk (limas terpotong yang merupakan gambaran keterbatasan ilmu manusia. Merupakan tempat pemujaan dan tempat penyelenggaraan acara ritual keagamaan bagi para penganut agama Hindu. Relief berseri di candi Sukuh menggambarkan cerita Garudeya dan Sudhamala yang mana keduanya mengungkapkan tema “Pembebasan”. Dibangun pada abad ke-15 pada akhir jaman kerajaan Hindu Majapahit, terletak didesa Gumeng, Kecamatan Jenawi dengan ketinggian 1100 m dpl.
Candi Ceto
Candi Ceto merupakan bangunan candi yang menyerupai pura-pura yang ada di Bali, masing-masing 910 dan 1400 rneter diatas permukaan air laut jarak 9 km ke arah utara Candi Sukuh. Di sekitar komplek Candi Cetho pada saat ini terdapat patung Dewi Saraswati sumbangan dari pemerintah Kabupaten Gianyar Bali. Patung Dewi Saraswati ini melambangkan ilmu dan pengetahuan. Sejumlah relief candi yang menghiasi adalah gambaran tentang kehidupan manusia, hidup dan mati. Diantaranya tentang Upacara Tradisional Ruwatan dan juga kehidupan seksual manusia. Kedua candi ini berada tepat di sebelah barat lereng Gunung Lawu, dikelilingi oleh Hutan Pinus, sekaligus merupakan Gardu Pandang terhadap Pemandangan mempesona yang ada di lereng Gunung Lawu.

Kedua candi ini banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara dari berbagai negara, karena selain memiliki daya tarik khusus, juga mudah dijangkau.

Wana Wisata Gunung Bromo
Jarak 5 km arah utara Kota Karanganyar. Kawasan hutan penelitian yang ditumbuhi berbagai jenis pohon, termasuk pohon-pohon langka, seperti : Cendana. Selain itu hal yang paling menarik adalah dalam kawasan hutan ini terdapat sejenis pohon yang tidak hanya langka tetapi juga khas / ajaib, yaitu : sejenis pohon kayu jati yang tumbuh dikelilingi oleh pohon beringin, dikenal dengan nama "Jati Kurung'".  Tepat dibawah "Jati Kurung" ini terdapat sebuah petilasan yang konon merupakan petilasan "Nyai Ageng Serang" (istri dari P Diponegoro) sewaktu mengungsi pada masa penjajahan Belanda. Karena adanya petilasan ini, pada hari-hari tertentu banyak dikunjungi oleh para peziarah.

Fasilitas yang ada di Wana Wisata ini antara lain: Panggung terbuka, shelter/gubug wisata, arena bermain anakanak, mushola, gardu pandang, dan lain-lain, sangat sesuai untuk para remaja berkencan dan bersantai keluarga.

Taman Ria Balekambang
Jarak 20 km arah timur Kota Karanganyar. Arena rekreasi keluarga yang menawan hati dengan udara sejuk dan nyaman karena masih termasuk dalam Kawasan Wisata Tawangmangu, hanya berjarak 100 meter dari Hutan Wisata Grojogan Sewu.

Taman Rekreasi Hutan Pinus yang dilengkapi sarana pendukung diantaranya : Kolam Renang, Lapangan Tenis, Sanggar Lukis, Arena bermain anak-anak (dilengkapi dengan berbagai patung binatang, kios bunga, dan sebagainya).

Sapta Tirta Pablengan Matesih dan Pemandian Air Hangat Cumpleng Tawangmangu
Pemandian Sapta Tirta Pablengan
Jarak 17 km dari arah timur Kota Karanganyar, Sumber Air Hangat banyak terdapat di Kabupaten Karanganyar tetapi baru 2 buah yang dapat dikelola , yaitu: 5apta Tirta Pablengan dan Pemandian Afr Hangat Cumpleng Sapta Tirta Pablengan berlokasi di Desa Pablengan, Kecamatan Matesih, dilatar belakangi sebuah bukit rindang yang bernama Argo Tiloso. Selain menyajikan Pemandian Air Hangat yang berkadar belerang tinggi, di dalam lokasi ini terdapat sebanyak 7 (tujuh) jenis mata air:
1. Air Hangat
2. Air Mati
3. Air Dingin
4. Air Soda
5. Air Hidup
6. Air Bleng / Asin
7. Air Urus-urus
Pemandian Air Hangat Cumpleng
Juga Terdapat Tempat Pemandian Terbuka dengan bilik berjumlah 6 (enam) buah, berbentuk Segi Enam, peninggalan Raja Mangkunegoro VI. Sedangkan Pemandian Air Hangat (PAH) Cumpleng berada di Desa Plumbon, Tawangmangu, merupakan sumber air yang mengandung zat belerang, zat besi dan zat-zat lain yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit kulit dan rematik.

Fasilitas yang ada : Pemandian terbuka dan tertutup, arena bermain anak-anak dan MCK.

Bumi Perkemahan (BUPER) Camping Lawu Resort dan Sekipan
Jarak 31 km ke arah timur Kota Karanganyar suasana hutan yang menyajikan keindahan alam, kesejukan dan kenyamanan. Kondisi yang serba alami, perpaduan hutan dan perbukitan, sehingga memiliki permukaan tanah yang bergelombang, sangat sesuai sekali untukbumiperkemahan(Camping Ground). Letak kedua Bumi Perkemahan ini sangat berdekatan hanya berjarak 1 km, dapat ditempuh dengan berbagai kendaraan ataupun jalan kaki sejauh 5 km dari terminal bus Tawangmangu. Beberapa Fasilitas yang disediakan: Buper Camping Lawu Resort : Perlengkapan Perkemahan, Villa, Cafe, Kolam Renang, tempat parkir luas, MCK, dan berbagai sarana lainnya.

Puri Taman Saraswati
Puri Taman Saraswati berada di Kompleks Candi Ceto (sebelah timur Candi Ceto) Kec. Jenawi Kab. Karanganyar. Obyek ini merupakan obyek wisata baru yang diresmikan pada tanggal : 28 Mei 2004, oleh Bupati Karanganyar, Hj. Rina Iriani Sriratnaningsih, SPd, MHum dan Bupati Gianyar, A. A.GDE Agung Bharata, sebagai wujud tali persaudaraan antara masyarakat sekitar Candi Ceto dan masyarakat Gianyar, Bali yang mempunyai persamaan spiritual dan budaya Agama Hindu.

Arca Dewi Saraswati merupakan bantuan Bupati Gianyar untuk menyokong pengembangan kawasan Candi Ceto, sebagai kawasan wisata spiritual dan budaya.

Grojogan Jumog
Terletak di dusun Jumok, desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso dengan panorama air terjun alami setinggi ± 60 m, berikut fasilitas perkemahan. Lokasi berdekatan dengan obyek wisata Candi Sukuh, Gua Nipon dan obyek wisata yang lain.

Agro Wisata
Daya tarik obyek wisata ini terletak ada panorama alam yang indah, perkebunan dan aktivitas masyarakat desa. Misalnya panorama perkebunan karet di wilayah Mojogedang, kebun teh di Kemuning dan Jenawi, kebun tanaman obat di Tawangmangu, bawang putih, kopi, wortel, dan lain-lain.

Agrowisata yang dikembangkan di Karanganyar antara lain meliputi buah-buahan seperti Salak Pondoh Tawangmangu, Salak Poning (Pondoh Kemuning), Kebun Rambutan Pendem (Mojogedang), dan Durian. Disamping itu juga dikembangkan kebun bunga rakyat (Kalisoro), kebun produksi bunga (Sekipan), kebun bunga Krisan di Ngargoyoso, dan lain-lain. Wisatawan dapat menikmati langsung salak Tawangmangu atau rambutan di kebun buah.

Agrowisata Sondokoro
Merupakan Daya Tarik wisata keluarga di Pabrik Gula Tasikmadu  Kab. Karanganyar. Bentuk atraksi wisata yang diilhami dari  saat pabrik akan melakukan giling tebu untuk pembuatan gula atau yang sering di sebut "CEMBRENGANG". Daya tarik wisata yang ada antara lain : kereta wisata yang menelusuri rute sekeliling Pabrik Gula. Melewati museum Gula. Ada juga di sana-sini hewan langka dalam kurungan. Part-part mesin pengolah gula yang berupa besi tua berbentuk roda gigi itu ditata seolah menjadi taman mengasyikan. Kereta Tebu itu berubah fungsi menjadi Ada Flying fox, wahana rumah pohon, art galery, taman bermain untuk anak-anak, kolam renang, dan resto-resto yang mengelilingi wilayah itu. Kereta Tebu itu berubah fungsi menjadi Ada Flying fox, wahana rumah pohon, art galery, taman bermain untuk anak-anak, kolam renang, dan resto-resto yang mengelilingi wilayah itu. Selain tersedia lahan parkir yang cukup luas, setiap hari libur ada panggung hiburan dengan pertunjukan live music

Keunikan Seni budaya 

Upacara adat dhukutan
Upacara adat dhukutan, merupakan ritual adat bersih desa  yang dilaksanakan setiap hari Selasa Kliwon 7 bulan sekali oleh masyarakat nglurah Kelurahan Tawangmangu. Seluruh masyarakat nglurah membuat sesaji, dikumpulkan di rumah sesepuh desa untuk didoakan kemudian sesaji tersebut dikirab menuju situs purbakala Menggung dan dibagi-bagikan kepada warga.
Upacara wahyu kliyu
Upacara wahyu kliyu, yaitu upacara adat yang dilaksanakan oleh masyarakat  Dusun Kendal, Desa Jatipuro, Kec. Jatipuro. Suatu tradisi selamatan dengan apem mini, masyarakat Dusun Kendal diwajibkan membuat apem setiap kepala keluarga harus mengumpulkan 344 buah apem. Ribuan kue apem yang sudah terkumpul ditutup dengan daun pisang kemudian didoakan bersama-sama, setelah upacara selesai apem-apem tersebut dibagikan kepada seluruh warga. Menurut keyakinan masyarakat setempat apabila selamatan apem mini ini tidak dilaksanakan akan terjadi bencana yang menimpa masayrakat Dusun Kendal.
Sendratari Garudeya
Sendratari Garudeya, sendratari untuk kegiatan ruwatan dengan mengambil kisah Garudeya yang terdapat pada relief candi Sukuh, yaitu menggambarkan tentang pembebasan dari perbudakan.

Kuliner
Soto gobyos, soto yang dimasak dengan kwali dari tanah liat, yang disajikan dalam keadaan panas.
Sate landak, sate bahan bakunya dari daging landak.

AKOMODASI

HOTEL  BINTANG
LOR INN ( Bintang 5 ) Jl. Adi Sucipto No. 47   Telp. 0271 – 724500, 724400
PONDOK SARI ( Bintang 2 ) Jl. Tawangmangu   Telp. 0271 – 697112, 697241
NARITA ( Bintang 1 ) Jl. Adi Sucipto No. 4  Colomadu   Telp. 0271 - 719974
KOMAJAYA KOMARATIH ( Bintang 1 ) Jl. Lawu Kav. 150 – 151   Telp. 0271 – 897125, 897105

HOTEL MELATI
PIONDOK SARI I (Melati 2)Jl.RayaLawu,Tawangmangu Telp.0271–697239, 697294
PONDOK GARUDA ( Melati 2 ) Jl. Raya Lawu No. 90  Tawangmangu   Telp. 0271 – 697239, 697294
DUTA ( Melati 2 ) Kalisoro, Tawangmangu
WAHYU SARI A&B ( Melati 2) Beji RT. 03/VIII, Tawangmangu   Telp. 0271 - 697157
BALAI ISTIRAHAT ( Melati 2 ) Jl. Pringgosari, Tawangmangu   Telp. 0271 - 697052
TEJOMOYO (Melati 2) Jl.Lawu Kalisoro RT.02/III Tawangmangu Telp.0271- 697149
FAJAR INDAH ( Melati 2 ) Jl. Bener Tawangmangu   telp. 0271 - 697109
ASRI (Melati 2) Jl.Raya Lawu Kalisoro,Tawangmangu   Telp.0271 – 697067, 697675
LAWU ( Melati 2 ) Jl. Raya Lawu, Tawangmangu   Telp. 0271 – 697020
PONDOK INDAH (Melati2)Jl.LawuNo.22 Kalisoro,TawangmanguTelp.0271– 697024
MALIYAWAN ( Melati 2 ) Jl. Raya Lawu, Tawangmangu   Telp. 0271 – 697103
PONDOK ASIA ( Melati 2 ) Jl. Grojogan. Tawangmangu   Telp. 0271 - 697074
SIDO LANGGENG (Melati 2) Jl.Lawu No.20 Kalisoro,Tawangmangu Telp.0271- 697041
BUKIT SURYA ( Melati 2 ) Tarukan Plumbon Tawangmangu   Telp.0271 - 697794
MARINI I ( Melati 2 ) Jl. Adi Sucipto Colomadu   Telp. 0271 - 782010
JONGGRANG II ( Melati 2 ) Jl. Adi Sucipto Colomadu   Telp. 0271 - 728925
4848 ( Melati 2 ) Jl. Maja No. 1   Telp. 0271 - 826416
MARINI II ( Melati 2 ) Jl. TP. 15 Kendon Bolon Colomadu  Telp. 0271 – 784478

RUMAH MAKAN
JIMBARAN Jl. Solo-Tawangmanggu Km.27 (0271) 5890333
GRIYO KULO Kalisamin, Tawangmanggu 08882940235
BU PERKIS Jl. Lawu Km.17 Tegal Winangun (0271) 495614
N I T A Ngunut RT. 01/I Tohkuning (0271) 7084277
PUNCAK RESTO Jl. Solo-Tawangmanggu Km.27 (0271) 662881
I N D A H Jl. Solo-Tawangmanggu 222 (0271) 662872
TELAGA PANDAN Jl. Tawangmanggu Km. 27,5 (0271) 7050025
LESEHAN PONDOK INDAH Jl.Raya Lawu Kalisoro Tw.manggu (0271) 697477
BANGUN TRESNO Balekambang Kalisoro (0271) 697247
TAMAN SARI Jl. Adisucipto 168 Gajahan Clmadu (0271) 7685915
SUN GARDEN Jl. Solo-Twgmanggu Km. 35 081329738778

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar